Cari Kerja Indonesia.com

Apakah Setelah Lulus Sekolah Pramugari Langsung Kerja?

Apakah Setelah Lulus Sekolah Pramugari Langsung Kerja?
Anda bisa menjadi pramugari dengan atau tanpa menempuh pendidikan khusus di sekolah pramugari. Pertanyaannya, jika Anda menempuh pendidikan tersebut, bisakah setelah lulus sekolah pramugari langsung kerja?
Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini, ya!

Mungkinkah Begitu Lulus Sekolah Pramugari Langsung Kerja?

Faktanya, lulusan pendidikan pramugari tidak serta merta langsung mendapatkan pekerjaan. Mereka harus melamar terlebih dahulu dan mengikuti beberapa tes masuk menjadi pramugari. Akan tetapi, lulusan pendidikan pramugari mempunyai peluang lebih tinggi dalam persaingan dunia kerja.
Pasalnya, mereka yang menempuh pendidikan khusus di sekolah pramugari lebih paham dengan dasar-dasar penerbangan dan berbagai standar operasional yang penting dan seperti di Trans Avia yang sudah mengantongi perjanjian penyaluran kerja, maka informasi peluang kerja sebagai pramugara/pramugari bisa didapat dan seringnya informasi itu tidak terbuka untuk umum.
Lulusan sekolah pramugari tidak hanya mendapatkan teori dan ilmu pengetahuan saja tetapi mereka juga mendapatkan pengalaman atau on job training (OJT).
Lulusan sekolah pramugari lebih sigap dan unggul berkat bekal ilmu pengetahuan, pengalaman magang serta keterampilan tambahan yang diajarkan di sekolah khusus pramugari.
Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan materi kedaruratan sehingga akan terlatih ketika menghadapi situasi darurat selama penerbangan.
Sekolah pramugari profesional, seperti Trans Avia, akan menyediakan informasi bursa kerja sehingga lulusan sekolah tersebut mengetahui informasi terkini. Kondisi tersebut membuka peluang bagi lulusan sekolah pramugari langsung kerja, tentunya setelah melewati proses rekrutmen.

Apa saja Syarat Menjadi Pramugari?

Agar bisa menjadi seorang pramugari, Anda harus memenuhi tiga persyaratan utama yaitu syarat pendidikan, syarat fisik, dan syarat kemampuan pramugari. Silakan simak rinciannya berikut ini.

1. Pendidikan Pramugari

Syarat pendidikan minimal untuk mendaftar pramugari yaitu SMA/SMK atau sederajatnya. Selain itu, jenjang pendidikan D1, D3, D4, atau S1 juga bisa mendaftar menjadi pramugari.
Bagi yang mengikuti pendidikan atau pelatihan pramugari, bisa langsung mendaftar setelah menyelesaikan pendidikan tersebut. Di Trans Avia, total masa tempuh sekolah pramugari adalah 9 bulan.
Anda akan mendapatkan pelatihan di dalam kelas selama 7 bulan dan 2 bulan sisanya digunakan untuk on job training (OJT).

2. Fisik Pramugari

Tak hanya wajib memenuhi syarat pendidikan, seorang pramugari juga harus memenuhi kriteria syarat fisik yang diwajibkan. Berikut merupakan syarat-syarat fisik yang perlu Anda ketahui supaya bisa mempersiapkan diri sebelum mendaftar.

a. Tinggi Badan Minimal

Persyaratan tinggi badan minimal berlaku bagi semua calon peserta didik. Tinggi badan minimal untuk wanita dan laki-laki sedikit berbeda. Peserta didik wanita harus memiliki tinggi badan minimal 160 cm, sedangkan syarat tinggi badan minimal untuk peserta didik laki-laki yaitu 170 cm.
Penetapan tinggi badan minimal ini tentu bukan syarat bagi lulusan sekolah pramugari untuk langsung kerja. Tetapi, tinggi badan akan berpengaruh pada pelaksanaan tugas pramugari.
Pasalnya, salah satu tugas seorang pramugari adalah membantu dan melayani penumpang, mulai dari proses boarding hingga penerbangan.
Memiliki tinggi badan ideal akan memudahkan para pramugari untuk memeriksa semua penumpang apakah sudah menempati tempat duduk yang sesuai. Selain itu, pramugari juga harus membantu penumpang menyimpan barang di dalam kabin pesawat dan memastikan kabin pesawat tertutup dengan baik.

b. Tidak Mempunyai Kekurangan Fisik

Sekolah pramugari juga akan melakukan seleksi awal pada calon peserta didik, yakni dengan memastikan mereka tidak mempunyai kekurangan fisik. Kondisi fisik yang lengkap ini bukan hanya berdampak pada penampilan, tetapi juga akan mempengaruhi kinerja.
Sebab, profesi pramugari ini mempunyai beban dan tanggung jawab kerja yang berat sehingga memerlukan fisik yang lengkap dan sehat pula. Walaupun kondisi cacat tangan atau kaki bisa digantikan dengan organ tiruan, tetapi kondisi tersebut tidak memenuhi persyaratan fisik pramugari.

c. Sehat Jasmani dan Rohani

Agar peluang setelah sekolah pramugari langsung kerja makin lebar, biasanya, sekolah mengharuskan calon peserta didiknya untuk mempunyai kesehatan jasmani dan rohani. Kesehatan jasmani sangat penting karena pramugari harus selalu bugar dan prima agar tidak mudah lelah atau sakit dalam melayani penumpang.
Selain itu, pramugari juga harus melayani dan membantu penumpang dengan ramah dan santun sehingga memerlukan rohani yang sehat pula. Dengan begitu, penumpang pun bisa menikmati perjalanan penerbangan dengan nyaman.

d. Berat Badan Ideal

Mungkin banyak diantara Anda yang beranggapan bahwa menjadi seorang pramugari harus bertubuh langsing. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena yang dibutuhkan adalah berat badan ideal. Dengan kata lain, berat badan tersebut harus proporsional dengan tinggi badan Anda.
Mempunyai berat badan ideal ini merupakan persyaratan fisik wajib yang harus Anda penuhi. Pasalnya, berat badan ideal dapat menunjang penampilan dan kelancaran mobilitas Anda selama bekerja.

e. Bebas dari Obat-Obatan Terlarang

Persyaratan fisik terakhir yang wajib Anda penuhi jika ingin menjadi pramugari yaitu bebas dari narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya. Alasannya, efek penggunaan obat-obatan terlarang sangat berdampak pada performa pramugari.
Mengingat pramugari memberikan jasa pelayanan pada penumpang, maka mereka harus bekerja secara profesional dan memiliki kesadaran diri yang baik. Selain bebas dari penggunaan obat-obatan terlarang, pramugari juga tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol.

3. Kemampuan Pramugari

Sekolah khusus pramugari, seperti Trans Avia, tentu ingin lulusan sekolah pramugari bisa langsung kerja. Oleh sebab itu, mereka juga memberikan pembekalan keterampilan khusus berikut yang wajib dikuasai oleh pramugari.

a. Komunikasi

Mengingat pekerjaan pramugari selalu berurusan dengan penumpang, maka mereka wajib menguasai kemampuan komunikasi yang baik, sopan, dan mudah dipahami. Kemampuan komunikasi yang baik tidak hanya memfasilitasi pelayanan penumpang dengan baik tetapi juga bermanfaat dalam situasi darurat.

b. Kerja Tim

Selama bekerja dalam pesawat, pramugari juga akan bekerja dengan pramugari lainnya sehingga harus mempunyai kemampuan untuk bekerja secara tim. Tak hanya membantu penumpang saja, pramugari juga bekerja sama dengan pilot untuk mendukung kelancaran penerbangan.

c. Daya Tangkap yang Cepat

Dalam setiap penerbangan, pramugari akan menghadapi situasi yang beragam. Pasalnya, ada berbagai keadaan darurat yang bisa terjadi pada penumpang selama penerbangan, seperti sakit selama penerbangan atau melahirkan di dalam kabin pesawat.
Supaya penerbangan lancar, aman, dan nyaman, maka pramugari pun harus mempunyai kemampuan daya tangkap yang cepat. Kemampuan ini penting ketika penerbangan tiba-tiba mengalami masalah darurat.
Pramugari yang memiliki kemampuan ini, tentu akan lebih tanggap dan sigap dalam mengambil tindakan untuk menyelamatkan penumpang.
Berdasarkan kebutuhan tersebut, Trans Avia memberikan materi tentang aviation knowledge dan aviation security sebagai bekal agar setelah lulus, peserta didik sekolah pramugari mampu langsung kerja.

d. Berenang

Walaupun pramugari bekerja di dalam kabin pesawat tetapi mereka juga harus bisa berenang. Pasalnya, penerbangan bisa saja mengalami kejadian yang tidak diinginkan. Jika pesawat mengalami kecelakaan di area perairan, maka pramugari pun bisa membantu proses evakuasi penumpang.

e. Kekuatan Fisik

Meskipun tampil dalam balutan busana dan riasan yang anggun, pramugari juga harus mempunyai fisik yang kuat. Sebab, penumpang sering kali meminta bantu pramugari untuk mengangkat atau menaikkan barang ke dalam kabin (overhead bin).

f. Kemampuan Bertahan Hidup di Hutan

Biasanya, sekolah pramugari juga memberikan keterampilan bertahan hidup di hutan karena pramugari wajib menguasai keterampilan ini.
Jika seandainya pesawat mengalami kondisi darurat dan harus mendarat di hutan, maka pramugari mengerti hal apa saja yang bisa mereka lakukan untuk bertahan hidup dan menyelamatkan penumpang.

Bagaimana Cara Menjadi Pramugari?

Supaya bisa mewujudkan keinginan Anda agar setelah lulus sekolah pramugari langsung kerja, maka silahkan simak alur mendaftar pramugari sebagai berikut.

1. Mengikut Pendaftaran

Carilah lowongan perekrutan pramugari dengan melihatnya di bursa kerja atau langsung mencari tahu di laman resmi maskapai penerbangan. Silakan mendaftarkan diri dengan mengikuti alur yang diberlakukan.
Umumnya, perusahaan maskapai akan meminta Anda untuk mengisi formula, memenuhi persyaratan, dan melengkapi dokumen.

2. Penuhi Persyaratan

Biasanya, ketika membuka lowongan perekrutan pramugari, perusahaan akan mencantumkan persyaratan fisik seperti tinggi badan minimal, usia maksimal, pendidikan minimal, dan berbagai rincian persyaratan administratif.
Pastikan membaca persyaratan tersebut dengan seksama karena setiap perusahaan memberikan persyaratan yang berbeda. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan proses pelamaran dengan lebih matang sehingga peluang Anda lebih terbuka.

3. Mempersiapkan Diri untuk Proses Seleksi

Apabila Anda lolos persyaratan fisik dan administrasi, maka Anda bisa melangkah ke tahap berikutnya. Perusahaan akan memberikan beberapa tahapan tes, seperti tes penampilan, psikologi, wawancara, wawancara kompetensi, kesehatan, aspek keamanan, dan pantuhir.
Sebagai salah satu upaya agar lulusan sekolah pramugari langsung kerja, Trans Avia juga sudah membekali peserta didiknya dengan memberikan simulasi wawancara. Kondisi ini bisa menunjang lulusan sekolah pramugari agar lebih siap dan percaya diri dalam menjalani proses seleksi.

4. Proses Pelatihan

Kandidat yang berhasil lolos semua tahapan tes akan mendapatkan pelatihan terlebih dahulu sebelum akhirnya bekerja secara profesional. Proses pelatihan ini akan membuat pramugari lebih familiar dengan =awak kabin dan tugas-tugas yang harus mereka kerjakan.

5. Bekerja sebagai Pramugari

Setelah menyelesaikan pelatihan, maka para kandidat tersebut akan bekerja sebagai pramugari dan mengikuti penerbangangan. Pramugari akan bekerja sesuai dengan standar yang ditentukan oleh maskapai dan terus meningkatkan kemampuannya.

5 Kelebihan Menempuh Sekolah Pramugari

Menempuh pendidikan khusus untuk pramugari memang tidak menjamin lulusan sekolah pramugari langsung kerja, tetapi pendidikan tersebut memberikan banyak kelebihan bagi lulusannya.

1. Paham Pengetahuan Dasar Pramugari

Pramugari wajib memiliki pengetahuan dasar kepramugarian agar dapat bekerja dengan baik dan profesional. Di antaranya adalah cara menghadapi penumpang, kedaruratan, penerbangan, modelling, grooming, dan make over.
Hanya mereka yang menempuh sekolah pramugari yang mendapatkan pengetahuan dasar tersebut secara menyeluruh.

2. Simulasi Kedaruratan

Bekal lain yang peserta didik dapatkan selama pendidikan di sekolah pramugari adalah cara mengatasi kedaruratan yang terjadi selama penerbangan. Anda akan melakukan simulasi tersebut sehingga mendapatkan gambaran yang nyata ketika menghadapi masalah darurat.
Mengingat aspek ini erat kaitannya dengan keselamatan, maka kecakapan dalam mengatasi kedaruratan akan menjadi pertimbangan penting untuk menjadi pramugari.

3. Pengalaman on Job Training

Peserta didik di sekolah pramugari sudah mendapatkan pengalaman on job training sehingga lebih familiar dengan tugas apa saja yang harus mereka lakukan selama berada di dalam kabin.
Kesempatan tersebut menjadi pengalaman pertama peserta sekolah pramugari untuk langsung kerja di kondisi yang nyata dan menambah pengalaman mereka.

4. Simulasi Test Interview

Lulusan sekolah pramugari juga akan lebih percaya diri dalam menghadapi tes interview karena mereka mendapatkan pelatihan tersebut selama menempuh pendidikan. Dengan demikian, mereka tidak akan grogi atau takut dan bisa mempersiapkan jawaban yang baik.

5. Bursa Kerja

Menempuh pendidikan pramugari juga dapat mempercepat mendapatkan pekerjaan karena sekolah menyediakan layanan bursa kerja. Lulusan bisa mengakses informasi perekrutan paling up-to-date sehingga tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pekerjaan.

Mencari Rekomendasi Sekolah Pramugari Langsung Kerja?

Agar dapat bersaing dalam dunia kerja, pastikan Anda memilih sekolah pramugari terpercaya dan ternama seperti Trans Avia. Sekolah ini mematok biaya pendidikan pramugari yang relatif terjangkau, yakni sebesar Rp 22.000.000,00 dengan masa pendidikan selama 7 bulan pelatihan di dalam kelas dan 2 bulan on job training (*Biaya tersebut belum termasuk uang pengembangan selama perkuliahan).
Trans Avia menawarkan program pendidikan yang menyeluruh untuk mendukung program lulusan sekolah pramugari langsung kerja setelah lulus.
Sekolah penerbangan dan pelayaran ini berlokasi di Solo, namun Anda bisa mendaftar secara online agar lebih praktis.